NEGERI API ODLAR YURDU

Desember 29, 2018

Pernah mendengar negara Azerbaijan? Jika belum, mari membaca blog ini sembari menambah wawasan tentang dunia. Dunia penuh warna akan bahasa dan budaya yang bervariasi.

Di mana sih negara Azerbaijan? Azerbaijan terletak di wilayah Pegunungan Kaukasus (daerah di Eropa Timur dan Asia Barat yang berada di antara Laut Hitam dan Laut Kaspia), berbatasan dengan Rusia dan Georgia (di bagian Utara), Lautan Kaspia (di bagian Timur) Armenia (di bagian Barat), dan Iran serta Turki ( di bagian Selatan). Pada tahun 1991, Azerbaijan memproklamasikan kemerdekaannya saat jatuhnya Uni Soviet.

Hasil gambar untuk azerbaijan map world
Azerbaijan merupakan negara sekuler yang dijuluki 'The Land of Fire' atau negara api Odlar Yurdu "Negeri Api (Abadi). Jangan hubungkan ini dengan film Animasi, Avatar The Legend of Aang ya, karena tidak ada hubungannya sama sekali. Seperti aku dan kamu... Apaan sih... Hahaha...

Tau gak sih? Ternyata ada cerita rakyat bahwa dahulu kala ada kaum penyembah api yakni kaum Zoroaster. Bahkan ada sebuah kuil Api di negara tersebut. Di beberapa tempat di Azerbaijan, ada tontonan api-api yang sangat menawan yang menjadi bagian dari "Negara Api". Tempat-tempat itu antara lain: Yanar dag, Kuil Api Baku dan Yanar Bulag.

Baku adalah ibukota sekaligus kota terbesar di Azerbaijan. Kota ini dijuluki mutiara Laut Kaspia. Dalam bahasa Azerbaijan, Kota Baku disebut Baki yang mempunyai arti kota angin, karena angin di kota Baku biasanya kencang, terutama di musim gugur dan dingin. Angin memang sangat akrab dengan penduduk Baku, terkadang bertiup sepoi-sepoi, tapi tak jarang sangat kencang dan seolah akan menerbangkan benda yang dilewatinya. Suaranya pun terdengar begitu khas bak tiupan seruling yang memainkan sebuah irama lagu. 

Beda gak sih Turkish dan Turki?
Ternyata beda lho... Alasannya karena setiap negara memiliki bahasanya sendiri. negara Turkey dengan bahasa Turki sedangkan negara Azerbaijan berbahasa Azeri dan Turkish.

Bedanya di mana sih?
Jika orang Turki mengatakan terimakasih dengan ucapan "teşekkür ederim" sedangkan orang Azerbaijan mengatakannya dengan "Sag olun".

Meskipun dua negara ini bertetangga seperti Indonesia dengan Malaysia yang masih serumpun bahasa pasti ada perbedaan dalam penuturan kata. Yang penting saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan. Kalo kita sama, kita saudara kembar dong. Hehehe...

Gimana sih pakaian adat orang Azerbaijan?
Sederhananya nih kalo kita orang Indonesia identik batik dan kebaya. Kalo di Azerbaijan itu Libaas namanya. Baju tradisional khas Azerbaijan itu sangat unik. Termasuk gaya penutup kepalanya, yakni menggunakan peci, atau topi bundar di bawah kerudung segitiga. Mungkin terlihat agak aneh bagi kita, namun sama sekali tidak bagi wanita Azerbaijan.  Ternyata gaya seperti ini digunakan di momen penting, salah satunya pernikahan. Peci atau chutga, dalam bahasa Azeri, merepresentasikan gaya muslimah Azerbaijan di abad ke 18.

Gimana nih tradisi pernikahan di Alzerbaijan? 
Yang penasaran bisa nih mengunjungi blog ini dengan klik di sini

Ada yang ingin liburan ke Azerbaijan? Jangan khawatir... Karena Indonesia-Azerbaijan sangat erat dan memiliki kesamaan nilai budaya serta penduduknya mayoritas muslim. Apalagi urusan makanan halal. Untuk jajanan makanan jalanan (street food) selain halal, terbilang cukup murah dibandingkan negara eropa lain dan memiliki ukuran yang besar bagi orang Indonesia lho. Pada intinya, kamu harus selektif dalam memilih makanan.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.