CARI TAU TENTANG NEGERI SAKURA YUK!

Desember 29, 2018

Siapa nih pecinta anime? Siapa yang kagak tau film legendaris dari jamanku masih kecil hingga sekarang masih tayang di televisi... Apa hayo? Naruto... 

Di sini aku akan membagikan momen berharga dalam hidupku... Bertemu teman dari berbagai negara. Salah satunya Kak Risa dari Negeri Sakura alias Jepang. 
Setiap kami bertemu pasti pelukan seperti teletubies... Pelukan pertemanan... Horeeeee!!! No baper.

Dunia Negeri Sakura...
Awal pertemuan kami dalam acara seminar, aku memiliki ratusan pertanyaan di dalam otakku mengenai Negara Jepang khususnya budaya dan sistem pendidikan di sana.
Aku benar-benar kagum dengan budaya Jepang, khususnya disiplin. Jadi, sewaktu kecil, mereka telah dilatih mandiri mulai dari meletakkan sepatu pada rak, bangun pagi, belajar tepat waktu, dan sebagainya. 

Lalu, bagaimana belajar huruf Kana (Hiragana-Katakana) dan Kanji?
Waktu kecil, mereka diajarkan huruf Kana sebelum memasuki dunia sekolah. Tetapi, tidak semua masyarakat Jepang hafal semua huruf Kanji lho. Ya tau kan alasannya karena penulisannya rumit dan banyak makna yang tersirat dalam satu huruf kanji.

Bagaimana sistem pendidikan di Jepang?
Hampir sama dengan Indonesia tetapi perbedaanya pada lulusan S1. Sebagian besar masyarakat Jepang yang bekerja merupakan lulusan S1. Apabila mereka ingin lanjut studi, mereka akan melakukan penelitian dan menjadi profesor tetapi kebanyakan mereka memilih lanjut studi di negara lain. Mulai dari pendaftaran dan tes itu benar-benar ketat dan sulit.

Bagaimana mahasiswa di Jepang dalam hal studi?
Berkaitan dengan studi, mereka sangat kompetitif mulai dari lulus SMA... Yang sering nonton film Jepang pasti tau bagaimana perjuangan mereka agar masuk ke universitas impian. Berat lho! Dapat disimpulkan apa yang kamu raih akan menjadi harga dirimu. Makanya mereka rela ikut les, belajar setiap hari demi masuk kuliah. Beruntung lho kalian yang bisa kuliah, masih banyak teman-teman kita yang berkeinginan kuat untuk kuliah tetapi tak bisa dengan berbagai alasan.

Apakah kebiasaan orang Jepang sedikit nasi tetapi lauk dan sayur banyak?
Benar banget! Bagi yang mau diet sehat bisa nih liburan ke Jepang dengan makanan alami 4 sehat 5 sempurna. Karena aku orang Indonesia, tidak makan nasi maka tidak makan. Ya, kebiasaan dari kecil sekalinya makan ya nasi harus banyak. hehehe

Bagaimana kebudayaan di Jepang apalagi dengan budaya jalan kaki dan bersepeda?
Jepang merupakan negara maju dan itu pula terjadi perubahan yang modern seperti Tokyo sekarang banyak pengguna mobil. Tetapi masih ada pengguna sepeda dan jalan kaki kok. 



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.