KULIAH SAMBIL KERJA? WHY NOT?

Desember 29, 2018

Gambar terkait

Kuliah sambil kerja? Why not? Bahkan ini sudah menjadi aktivitas biasa di sekitar kita. Di Indonesia yang merupakan negara berkembang sudah lumrah dengan adanya aktivitas mahasiswa kuliah sambil kerja. Hal ini didasari oleh semakin mahalnya biaya kuliah beserta biaya hidup seperti pembayaran kosan, makan, minum, pembuatan makalah, belanja bulanan dan sebagainya.

Sebenarnya banyak banget lho peluang kamu menjadi mahasiswa yang sukses di dunia pendidikan dan karir. Jika kamu masih bingung dan penasaran apa saja sih profesi atau usaha yang bisa kamu lakukan ketika masih menyandang predikat mahasiswa? 
BISNIS SAMPINGAN

Menekuni dunia bisnis sampingan ada efek positifnya, kamu bisa belajar menjadi mandiri. Kebutuhan hidup serba mahal. Bukan hanya itu saja, banyak orang tua kewalahan dalam membiayai pendidikan anak-anaknya karena biaya sekolah semakin melambung tinggi. 

Hai kamu yang saat ini masih duduk di bangku kuliah, pernahkah berpikir gimana sih bantuin orangtua dan ikut meringankan biaya kuliah? Yuk, baca blog ini siapa tau pikiranmu akan terbuka.

Apa sih bisnis sampingan itu? 
Bisnis sampingan itu segala sesuatu yang berkaitan dengan usaha, kerja, dan pendapatan sampingan.
Bisnis sampingan yang paling diinginkan sebagian besar orang adalah bisnis yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utamanya namun masih bisa mendapatkan uang. 

Jika kamu seorang mahasiswa yang merasa mampu memanajemen waktu dan memiliki waktu luang di luar kegiatan kuliah, tidak ada salahnya lho kamu membuka bisnis sampingan.

Apa saja nih jenis-jenis usaha sampingan bagi mahasiswa?

1. Menjual Barang
Usaha menjual makanan memang banyak diminati karena makanan menjadi kebutuhan primer oleh masyarakat. Kelebihan usaha ini berkaitan dengan modal tidak terlalu tinggi dan minim kerugian. 
Enaknya jualan apa ya? Kamu bisa berjualan suvenir, aksesoris, masker wajah, sepatu, pakaian, tas, pulsa, makanan dan sebagainya.


2. Menjual Jasa/Keahlian
 Menjual jasa kepada orang lain memang gampang-gampang susah. Yang terpenting, kamu harus benar-benar menguasai jasa yag kamu berikan. Kelebihannya usaha ini bisa dijalankan tanpa menggunakan modal. Jangan lupa lakukan promosi dan bersikaplah profesional !
Contoh usaha jasa yang ada di sekitar kita adalah jasa master of ceremony (MC), les privat, event organizer, penerjemah dan sebagainya.


3. Membuka Usaha
 Membuka usaha merupakan jenis usaha yang membutuhkan modal besar. Jenis usaha ini yang dipilih orang berdasarkan hobi, motivasi, dan pastinya didukung dengan finansial yang kuat.
Contoh usahanya tuh bisnis waralaba, rental buku, dan multi-level marketing.


4. Usaha Online
Sekarang kan udah jaman modern, kaum milenial pula. Sudah banyak orang terutama para selebritis yang menjadi endorse produk apapun. Tidak perlu modal besar dan sewa tempat. Uang pun dapat. Asalkan kamu bisa menunjukkan kompetensi dirimu yang sesungguhnya.

Bonne chance!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.