MAHASISWA KUPU-KUPU ATAU KURA-KURA?

Desember 13, 2018
Gambar terkait

Dalam dunia perkuliahan,ada banyak variasi mahasiswa mulai dari kura-kura, kupu-kupu dan sebagainya. Di sini aku hanya membahas mengenai dua spesies mahasiswa di dalam kampus yaitu mahasiswa kupu-kupu, dan kura-kura.

Mahasiswa kupu-kupu atau mahasiswa kuliah-pulang. Mahasiswa tipe ini lebih cenderung mahasiswa yang sangat ambisius untuk mendapatkan IPK CUMLAUDE, lulus on-time. 

Wajar sih banyak mahasiswa yang berkeinginan lulus on-time plus cumlaude. Akan tetapi, dalam prosesnya ada keinginan semu dan real. Semunya karena di awal sangat bersemangat mendapatkan nilai A setiap mata kuliah. Nyatanya... Butuh perjuangan totalitas. Kejar target. Manajemen waktu. Manajemen diri. Fokus. 

Mahasiswa kupu-kupu lebih memprioritaskan IPK daripada pengalaman organisasi. Pikiran mereka selalu berkata jika aku masuk organisasi, IPK bisa menurun atau tidak stabil. 

Berbeda halnya dengan mahasiswa kura-kura. Mahasiswa tipe ini memiliki jiwa sosial tinggi dan hobi bersosialisasi dan main pastinya. Banyak mahasiswa ikut organisasi hanya untuk mengisi waktu luang maupun menambah kawan. Akan tetapi, banyak mahasiswa kura-kura yang menganggap IPK tidak terlalu penting asalkan lulus on-time dan tidak mengulang mata kuliah. 

Di sisi lain, ada kelemahan dan kelebihan dari dua tipe mahasiswa ini. It depends on you, guys! Jika kamu bisa konsisten mempertahankan IPK dan memanajemen waktu pribadi dengan organisasi, kamu yakin jika kamu bisa melakukan keduanya. Jika kamu belum bisa mempertahankan IPK-mu, lepaskan sejenak keinginanmu untuk mendaftar organisasi. Kamu boleh ikut organisasi tetapi jangan lupakan akademismu.


Bonne chance!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.