5 FILM ANIMASI TERBAIK, LUCU, DAN PENUH MAKNA 2020

Desember 08, 2020

1. The SpongeBob Movie : Sponge on the Run (2020)

Film animasi yang dirilis oleh Paramount Pictures menceritakan tentang petualangan Spongebob dan Patrick dalam menyelamatkan Gary. Film ini dimulai Raja Poseidon (Matt Berry) kehabisan persediaan siput yang lendirnya dijadikan sebagai bahan membuat tubuhnya kelihatan muda dan segar. Dan hanya Gary, siput yang masih ada di dunia itu. Gary akhirnya diculik dan membuat Spongebob (Tom Kenny) merasa kehilangan siput peliharaannya yang tiba-tiba menghilang tanpa jejak. Akhirnya Spongebob mengajak Patrick (Bill Fagerbakke) untuk menemukan Gary di Kota Atlantic. Hilangnya Spongebob di rumahnya, membuat Sandy mencari tahu keberadaan Spongebob yang membuat Tuan Krab, Squidward, dan Plankton ikut menyusul Spongebob di Kota Atlantik. Film ini berakhir dengan Raja Poseidon yang mau berteman dengan Spongebob karena ternyata semua rakyat dan pejabat tidak menganggap Raja Poseidon sebagai teman maupun saudara. 

Film animasi ini sangat cocok ditonton karena momen pertemanan dan kekeluargaan yang begitu mendominasi. Begitu indahnya ikatan pertemanan menjadikan film ini begitu mengharukan. Alur ceritanya bagus dan tertata rapi. Beberapa soundtrack lagu juga cocok dalam memberikan suasana film penuh haru dan bahagia. 


2. Over the Moon (2020)

Film yang dirilis dari studio Netflix Animation bercerita tentang Fei Fei, seorang gadis remaja yang ingin membuat pesawat roket dan berharap bertemu seorang Dewi Bulan dari cerita mitos rakyatnya. Film ini terinspirasi dari mitologi klasik China tentang Chang'e, Sang Dewi Bulan. 

Rasa kehilangan dan kesepian begitu mendominasi dalam film ini. Sang Dewi Bulan yang selalu kesepian atas kehilangan kekasihnya, Houyi sedangkan Fei Fei bersedih atas kematian ibunya. Konflik pun dimulai ketika ayah Fei Fei berniat menikah dengan Bu Zhong, wanita lain  yang memiliki seorang anak laki-laki bernama Chin yang selalu membawa seekor kodok dan pecinta tenis meja. Chang'e ingin sebuah foto bersama Dewi Bulan sebagai bukti bahwa Dewi Bulan memang ada tetapi Fei Fei harus memberikan hadiah yang diinginkan Chang'e yaitu kepingan jimat. Dengan ramuan ajaib dan kepingan jimat, Chang'e berhasil bertemu dengan Houyi, kekasihnya. Tetapi hal ini hanya berlangsung sementara. Kegelapan menyelimuti Lunaria karena Chang'e kembali bersedih dan merasa kesepian. Film ini berakhir dengan Chang'e menemukan cinta kepada rakyatnya dan Fei Fei menerima kehadiran Bu Zhong dan Chin sebagai anggota keluarganya.

Film animasi ini sangat bagus dengan keindahan kombinasi warna-warni yang indah dipandang mata penonton. Animasi untuk karakternya begitu nyata dan hidup. Di balik indahnya alur ceritanya, film ini mengajarkan kepada kita rasa kehilangan dan mengikhlaskan seseorang (belajar move on). Film ini cocok ditonton bersama keluarga.


3. Scoob! (2020)

Scoob! adalah film komedi misteri animasi yang dirilis oleh Warner Animation Group. Dalam film ini menceritakan tentang awal mula Mystery Inc. Film ini dimulai dengan pertemuan pertama Shaggy (Will Forte) dan Scooby-Doo (Frank Walker) di pantai dan berlanjut dengan pesta Halloween yang mempertemukan Fred (Zach Efron), Velma (Gina Rodriguez), dan Daphnee (Amanda Seyfried). Akhirnya, mereka membentuk agen detektif yang dikenal dengan Mystery Inc.

Film ini juga memperlihatkan tentang asal usul Scooby yang ternyata memiliki warisan rahasia dan takdir yang begitu mengharukan bagi siapapun terutama Shaggy. Karena warisan itulah, Scooby diculik dan dibawa ke Falcon Fury (Mark Wahlberg) untuk membangkitkan Anjing Hantu Cerebrus "dogcalypse" ke dunia. Scobby dijadikan sebagai kunci pembuka gerbang dogcalypse sekaligus ia harus berpisah dengan Shaggy dan mengorbankan dirinya masuk ke dalam pintu gerbang dogcalypse. Film ini berakhir begitu mengharukan karena akhirnya Scooby bisa kembali bersama dengan Shaggy. 

Film animasi ini sangat bagus dan cocok bagi penonton yang menyukai genre petualangan (adventure). Alur ceritanya sangat baik dan memberikan gambaran tentang Scoob begitu jelas. Selain itu, film ini didominasi dengan ikatan persahabatan yang sangat kuat antara Scooby dan Shaggy yang menjadikan film ini penuh dengan air mata bahagia. Sebuah pelajaran yang sangat baik dalam film ini adalah teman yang tulus akan selalu ada untuk kamu. Ikatan persahabatan tidak bisa terputus dengan mudah.

4. Onward (2020)

Film yang diproduksi oleh Pixar Animation Studio untuk Walt Disney menceritakan petualangan Ian (Tom Holland) dan Barley Lightfoot (Chris Pratt) mencari batu pertama baru untuk bertemu dengan sang ayah. Film ini dipenuhi dengan nuansa problematika keluarga. Perasaan seorang anak yang begitu merindukan sosok sang ayah dan ingin bertemu dengannya diperlihatkan dengan jelas dengan karakter Ian dan Barley. Dan sosok seorang kakak yang begitu sayang kepada adiknya ditunjukkan oleh karakter Barley.

Film animasi ini menampilkan perubahan dunia seiring berjalannya waktu. Dunia  penuh keajaiban dengan sihir dan mantra digantikan oleh canggihnya teknologi mesin. Suatu hari, Ian dan Barley menerima sebuah misi untuk menemukan kembali keajaiban itu saat ulang tahun Ia yang ke-16. Sang Ibu (Julia Louis-Dreyfus) memberikan hadiah spesial dari ayahnya berupa tongkat ajaib, batu permata dan surat yang berisi Ian dan Barley dapat bertemu dengannya dalam 24 jam dengan mantra ajaib. Sayangnya, mereka hanya bisa melihat setengah bagian tubuh ayahnya. Barley yang percaya dengan sihir mengajak Ian untuk mencari permata baru. Petualangan mereka sangat seru dan penuh emosi. Film ini berakhir dengan tumbuhnya kepercayaan diri Ian dalam menaklukkan raga raksasa dan Barley dapat bertemu dengan sang ayah.

Film ini sangat cocok ditonton bersama keluarga karena di dalam film ini menampilkan kuatnya ikatan antara saudara kandung ( Ian dan Barley). Karakter Barley begitu menghibur penonton dan memberikan pesan agar kita selalu berani dan tidak takut menghadapi apapun. Rasa takut akan menghalangi rencana masa depan.

5. Dreambuilders (2020)

Film animasi barat ini memiliki jalan cerita yang seru yang kisahnya bercerita tentang Minna, seorang gadis muda yang tinggal berdua bersama ayahnya. Film ini didominasi dengan konflik keluarga yang biasa terjadi di kehidupan nyata. Rasa cemburu sang anak kepada sang ayah yang terlihat akrab dengan saudara tirinya. Ketidaksukaan sang anak dengan keberadaan orang baru (ibu dan saudara tiri) setelah kematian ibunya. Perasaan seorang anak yang ingin membuat sang ayah bahagia. Hal ini begitu terlihat dalam film animasi ini.

Film ini dimulai dengan konflik ketika sang ayah tinggal bersama kekasihnya yang juga memiliki seorang gadis muda yang hobi main medsos dan memiliki gaya fashion kekinian. Karena sikap saudara tirinya yang sangat menyebalkan membuat Minna menyalahgunakan kemampuan barunya untuk menciptakan dan mengendalikan mimpi orang lain. Dengan kemampuannya itu membuat sang ayah sangat menyukai ikan kaleng dan saudara tirinya menyukai model baju Minna dan hamster kesayangan Minna agar peliharaan kesayangannya tetap berada dekatnya. Akan tetapi, kemampuan Minna diketahui oleh saudara tirinya setelah ia menemukan sebuah buku tentang strategi Minna agar saudara tirinya keluar dari kehidupannya. Akhirnya, hal buruk terjadi pada saudara tirinya yang mana ia seperti putri tidur akibat perbuatan Minna yang membuat seekor laba-laba raksasa ke dalam mimpi saudara tirinya hingga terjadi kerusakan mesin pengendali mimpi dan membuat saudara tirinya terjatuh ke dalam sampah mimpi. Begitu panjang perjalanan Minna untuk mengembalikan saudara tirinya terbangun dari tidur panjangnya. Film ini berakhir dengan Minna yang menerima kehadiran ibu dan saudara tirinya sebagai anggota keluarganya dengan acara makan bersama. 

Film animasi ini sangat bagus dengan berbagai imajinasi dalam mimpi. Alurnya pun tersusun rapi. Di balik indahnya animasinya, film ini memberikan nilai moral untuk saling menerima dan berbagi tanpa menyakiti satu sama lain. Masa lalu yang begitu buruk jadikanlah sebuah pembelajaran hidup. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.